Biocell : Road2Dejan

theory without practice is nothing…practise without theory is blind

Recovery Mp3 Mati total

Dead Recovery Guide for MP3

1. Identifikasi Player : Melacak ID Mesin

Jika mp3 kita mati total, kita membutuhkan firmware yang sesuai dengan hardware atau mesin player kita. Untuk mengetahui firmware apa yang sesuai atau cocok dengan player mp3 kita, perlu bagi kita untuk mengetahui ID dari mesin Player mp3 kita. Hanya itu cara yang aman untuk mengidentifikasi player mp3 kita. Chip Number, tampak luar, model atau merk tidak dapat digunakan untuk mengidentifikasi hardware atau perangkat keras dari player kita.

Untuk mendapatkan ID board atau no seri mesin, kita harus meng-disassemble atau membongkar casing dari player tersebut. Jika kita belum mengetahui bagaimana cara membongkar casing dari player kita, baca terus artikel ini.

Sebagai rujukan atau referensi tentang ID board bisa di cek artikel disini Board ID: device real identification

Setelah menemukan ID board dari mesin player kita, kita bisa mengecek apakah ada firmware yang sesuai untuk player kita di situs berikut Firmware list.

2. Dissassemble s1mp3

Perhatian : Jika Player anda berbeda dari gambar di atas, coba cek di link berikut on the forum
Tutorial dissassembly berikut ditulis oleh Crunchy
1. sebaiknya kita memakai meja yang bersih dan rapi ketika kita membongkar casing dari player kita karena akan memudahkan kita dalam memasang kembali casing tersebut nantinya.
2. masukkan sesuatu yang tipis ex. Obeng plat, pisau, jarum dan sejenisnya antara plug in dan plastik casing untuk melepaskan kaitannya.
3. pisahkan sisa casing yang masih saling menempel.
4. pada keempat ujung dari PCB terdapat 4 baut. Bukalah dengan menggunakan obeng yang tepat. Setelah itu kita sudah melepaskan PCB utama, hati-hati dengan konektor LCD karena mudah rusak.
5. selanjutnya lepaskan semua yang tersisa, perhatikan susunannya. Ini akan memudahkan kita jika akan memasangnya kembali.
6. kemudian perhatikan pada papan LCD, biasanya ada 2 buah baut disitu, lepaskan bautnya. Selanjutnya kita bisa melepas papan LCD dari casingnya. Hati-hati dengan konektor LCD yang berwarna coklat
7. Selesai.

3. Install Driver pada Windows

Pertama-tama, uninstall “mp3 player tools” jika anda pernah menginstallnya. Kemudian Install “Mp3 player tools versi 1.46”. bisa didownload disini Tools.

Lepaskan koneksi player dari PC dan uninstall semua driver yang berhubungan dengan USB melalui device manager. (Control Panel > System > Hardware tab > Device Manger). Berikut screenshot nya

Setelah itu, klik tombol “ Scan for Hardware Changes “. Setelah Driver USB terinstall, koneksikan player ke PC.
Jika ada masalah dengan driver, coba arahkan ke folder penginstallan MP3 Player Utility (Program Files/MP3 Player Utilities/) di folder “Windows98Drv” dan “Dissipate/Drivers”.

Apabila kita sudah mengikuti semua langkah-langkah di atas dengan benar, tetapi windows tetap tidak dapat mengenali player, kita mungkin dapat mencoba menekan semua tombol pada player saat kita mengkoneksikan player pada usb komputer. Cobalah semua tombol sambil menahan tombol “hold”. Atau coba koneksikan dengan komputer lain. Pastikan juga bahwa “driver signing” tidak tersetting “block” (screenshot).

Jika tetap tidak berhasil, jangan putus asa, kita masih dapat mencoba untuk melakukan “short-circuit” pada chip memory untuk membuat player berjalan pada mode recovery/”recovery mode” (ADFU server) .

4. Install Software Upgrade Program yang kompatibel

Lewati langkah-langkah berikut jika “updater program” berjalan sebagaimana mestinya pada player.
Pertama-tama, pastikan anda telah selesai melakukan langkah-langkah sebelumnya dan telah men-disable antivirus/antispyware.
Cobalah mengkoneksikan player ke PC dengan menggunakan baterai maupun tanpa menggunakan baterai dan perhatikan apakah tombol “holding” menyelesaikan masalah update program.
Jika masih saja mendapatkan pesan error seperti “Unknown Flash Type”, “Flash Not Responding”, “Device Not Detected”, “Device is Busy”, dll. Kita mungkin perlu untuk meng-uninstall software update program yang kita punya dan mencoba versi lain. ( Lihat MP3 Player Utilities.
Jika tetap saja tidak bisa, kita bisa mencoba cara “short circuit” pada chip memory untuk membuat player berjalan pada mode recovery (ADFU server).

5. membuat player berjalan pada mode recovery (short circuit)
Bagaimana caranya : pada saat player melakukan proses “boot”, BREC (bootloader, yang telah diprogram pada ATJ2085), akan melakukan pengecekan terhadap FWIMAGE atau firmware yang terdapat pada NAND Flash apakah telah rusak. Jika rusak, maka bootloader akan masuk pada mode recovery (ADFU Server). Jika Player dalam kondisi mati total, FWIMAGE yang invalid/incompatible yang terdapat pada NAND Flash tidak akan terdeteksi sebagai corrupt atau incompatible, karena semua “headers” nya valid. Untuk membuat ATJ2085 berjalan pada mode recovery (agar kita bisa membuang FWIMAGE yang rusak dan menulis ulang kode/program) kita melakukan “short-circuit” pada chip memory pada saat “startup” untuk membuat seolah-olah telah terjadi kerusakan pada header dari FWIMAGE. Tentunya, jika player yang kita punya sudah rusak pada kode BREC atau bootloadernya, tidak ada car bagi kita untuk menullis ulang kode program pada player tersebut…player nya sudah pergi ke surga.
Kita harus meng-dissassemble player mp3 untuk melakukan hal ini.
Kenali chip memory nya, dekat chip ATJ2085. biasanya chip samsung, dan ic paling besar pada papan mesin. Untuk membantu mengidentifikasi komponen dari player, cek Internal overview of standard s1mp3. terkadang ada player yang menggunakan 2 chip memory. Jika player kita adalah yang demikian, yang kita short kan adalah chip memory yang paling dekat dengan chip ATJ2085.
Sekarang, tanpa memasang baterai, dengan menggunakan pinset, sentuhkan 2 atau lebih pada 8 IO kaki ic chip memory. Lalu dengan tetap men-short-kan kaki ic tersebut, koneksikan player pada usb komputer.

Tetap lakukan hal tersebut sampai berhasil. kita mungkin perlu melakukan hal tersebut beberapa kali baru berhasil menemukan short yang tepat. Jika berhasil, windows akan mengenali player s1mp3 kita sebagai ADFU server device (kita bisa melihat pada system tray), dan kemudian, ketika kita memulai proses upgrade firmware, akan muncul peringatan yang menyatakan bahwa player berjalan dalam mode recovery, dan pada akhirnya kita bisa melakukan full flash file firmware yang sesuai. If you try to flash a dump (incomplete firmware), you will get an error message.
Jika player kita tetap tidak terdetek, meskipun telah mencoba berbagai langkah tersebut di atas, berarti player kita memang telah rusak sama sekali. Satu-satunya harapan hanya dengan melakukan flash hardware via ICE, lihat ICE howto wiki article.
Sekarang, biarkan windows melakukan install driver. Setelah selesai, kita dapat melakukan flash firmware terhadap player dengan menggunakan software update program yang sesuai.

6. Menemukan firmware yang cocok buat Mp3 Player

Sesuai dengan ID board yang telah kita catat, check di sini Firmware list. Jika di daftar firmware tersebut terdapat firmware yang sesuai dengan player kita, maka kita beruntung, kita bisa mencoba menggunakan firmware tersebut.
Jika pada saat player berjalan pada mode recovery (ADFU), dan firmware yang kita pakai tidak berjalan sebagaimana mestinya atau karena kita mencoba menggunakan dump file (file firmware yang tidak sempurna), satu hal yang mungkin bisa kita lakukan adalah melakukan flash dengan mencoba menggunakan firmware lain secara random sampai player kita terdeteksi sebagai flashdisk usb. Kemudian, lakukan flashing pada player secara normal (tanpa short-circuit) dengan menggunakan dump file atau incomplete firmware yang kita miliki. (catatan : Incomplete DUMPS tidak bisa berjalan pada mode ADFU).
Jika kita tidak menemukan firmware yang sesuai dengan ID board kita di sana. Cobalah dengan menggunakan Google.
Semua koleksi firmware ada di forum, cobalah firmware-firmware tersebut dan posting keberhasilan anda dengan disertai catatan yang lengkap di forum tersebut, sehingga bisa membantu memudahkan yang lain.
Jika anda mempunyai teman yang mempunyai player yang sama dengan anda, minta tolonglah padanya untuk mengekstrak bin file dari playernya menggunakan Wire’s tools. Dan jangan lupa mengirimkannya ke forum agar bisa terdaftar di katalog firmware.

7. Tolong! Player saya tetap tidak normal

Catatan : prosedur ini sama untuk chip ATJ2085, AMP2085 dan ATJ2051.
Jika anda sangat yakin bahwa anda telah melakukan langkah-langkah di atas, tanyalah pada forum tersebut dengan menguraikan selengkap mungkin apa yang telah anda lakukan dan dimana letak kesalahannya, mungkin ada yang bisa membantu.
Jika anda tetap terus mendapatkan pesan error seperti “Unknown Flash Type” setelah mencoba semua langkah yang telah dituliskan disini, besar kemungkinan ada kerusakan fisik pada chip memory atau “bad solder” pada kaki ic nya. Mungkin kita bisa mencoba untuk men-solder ulang kaki ic nya.

Sangat penting untuk tetap berharap, banyak orang yang telah berhasil untuk merecoveri player mereka.

2 Tanggapan to “Recovery Mp3 Mati total”

  1. pipi said

    Mas saya kan abis update firmware mp4 yg sama versinya, saya pikir itu akan memperbaiki mp4 saya yg kena virus, tp mp4 saya mlh mati total tetapi kalo di laptop ttep bisa insert lagu2 .
    Gimana cara flashingnya ya mas .?
    Dimana saya bisa download softwarenya .?

  2. Pipi said

    Mas saya upgrade firmware mp4 tp malah mati total, di laptop tetep kebaca .
    Gimana cara flashingnya ya .???
    Apa harus buka body mp4nya .???
    Ada software flashingnya .???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: