Biocell : Road2Dejan

theory without practice is nothing…practise without theory is blind

Konsep dasar sederhana

Konsep dasar sederhana untuk memahami sebuah telpon selluler….

Pada dasarnya, sebuah telpon selluler atau biasa kita kenal sebagai Handphone terdiri dari atau dapat kita bagi atas 3 bagian penting.
3 bagian itu adalah sebagai berikut :
1. Bagian Radio
2. Bagian suplai energi/power suplay
3. Bagian Komputer

Berikut saya akan coba menjelaskan bagian-bagian tersebut secara sederhana.
1. Bagian Radio
Bagian ini terdiri dari 2 bagian utama yaitu
– Bagian Transmitter / pemancaran signal
– Bagian Receiver / penerimaan signal

Seperti kita ketahui bahwa fungsi dari handphone adalah untuk memudahkan kita berkomunikasi di mana saja dan kapan saja kita kehendaki. Sehingga setidak-tidaknya handphone harus memiliki 2 bagian tersebut, yaitu untuk memancarkan signal yang nantinya bisa diterima oleh Handphone lainnya (Transmitter) dan juga untuk menangkap signal dari handphone lain (Receiver) melaui media udara.

2. Bagian Suplai energi/power suply
Tentunya, sebuah mesin ataupun perangkat elektronika membutuhkan suplai tenaga agar dapat bekerja sebagaimanamestinya. Masing-masing dari komponen elektronika(ex: IC/Integrated Circuit dll.) yang terdapat di dalam Handphone tersebut membutuhkan nilai tegangan tertentu untuk dapat bekerja secara normal. Umumnya tegangan baterai adalah 3.7 V, sedangkan beberapa komponen ada yang membutuhkan 2,8V, ada yang 1,8V, ada juga yang 1,6V dan lain sebagainya. Untuk itu dibutuhkan sebuah rangkaian khusus (IC POWER) untuk mengatur pembagian suplai tegangan tersebut agar sesuai dengan yang dibutuhkan.

3. Bagian Komputer
Bagian ini diperlukan oleh sebuah handphone untuk menangani berbagai fitur/aplikasi dasar maupun tambahan. Bagian ini terdiri dari 3 bagian penting yaitu :
– RAM (Random Acces Memory)
– ROM, FLASH (Read Only Memory)
– CPU (Centrall Processing Unit)

RAM…ketika CPU bekerja untuk mengolah data-data yang diperintahkan oleh user atau pengguna handphone, maka data-data tersebut akan di upload sementara ke IC RAM…data-data tersebut bersifat tidak permanen dan bisa dirubah sesuai keinginan user.

ROM… Bagian ini menyimpan data-data yang sifatnya tidak dapat di ubah dalam kondisi normal. Data tersebut misalnya data signal, no. IMEI, sistem operasi, dsb. Hal ini penting, agar ketika handphone dimatikan, data-data penting tersebut tidak hilang dan handphone dapat berjalan normal jika dihidupkan kembali.

CPU… Bagian ini bisa dikatakan sebagai otak dari handphone, yang berfungsi mengelola berbagai fitur/aplikasi dasar maupun tambahan dari sebuah handphone.

Penjelasan di atas mungkin terlalu sederhana dan tidak 100% benar… bahkan mungkin ada yang menganggap terlalu disederhanakan… tetapi cukuplah untuk memudahkan kita memahami sistem dasar dari sebuah handphone.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: